Bangun Underpass, Pemkot Depok Tunggu Persetujuan Gubernur

Kilasdepok.com – Pembangunan underpass yang direncanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan memakan anggaran sebesar Rp 800 miliar tinggal menunggu persetujuan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Supian Suri menyebutkan, dua underpass yang diusulkan tersebut ada di Jalan Dewi Sartika menuju Jalan Margonda dan di pelintasan bawah rel Stasiun Citayam.

“Pak Wali sudah bicara langsung di depan Pak Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Bila di Pemprov Jabar diakomodir, maka upayakan semaksimalkan mungkin, itu pesan beliau,” ucap Supian di Depok, Senin (11/3/2019).

Ridwan Kamil atau Emil pun menyarankan agar Pemkot Depok tidak hanya mengandalkan bantuan dari Pemprov Jabar untuk pembangunan underpass tersebut. Emil menyarankan agar Pemkot Depok mengajukan bantuan melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR), dan bantuan dana dari luar negeri.

“Pola-pola itu yang didorong Pak Gubernur, namun saran bantuan dari CSR perusahaan tersebut sangat sulit diwujudkan di Kota Depok dari zaman wali kota yang sebelumnya,” ujar Supian.

Supian berharap, pengajuan dana hibah tersebut diakomodir oleh Pemprov Jabar. Pasalnya, daerah yang hendak dibangun underpass tersebut rawan kemacetan.

“Berharapnya pengajuan dana (pembangunan underpass) tersebut diakomodir. Kami akan segera mengajukan Detail Engineering Design (DED) yang matang terkait pembangunan underpass tersebut,” ucapnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, usulan pembangunan underpass tersebut sempat ditawarkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Underpass ini merupakan hibah dari Pemprov Jabar dalam mengatasi kemacetan di Depok. Pak Ridwan Kamil awalnya menawarkan flyover, saya bilang bisa ditawar underpass karena kondisi jalan dan pedagang yang ada di Jalan Dewi Sartika,” ucap Idris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *