Depok Tambah Kuota Jalur Prestasi PPDB SMP

Kilasdepok.com –  Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menambah kuota jalur prestasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi 15 persen. Jumlah tersebut, berasal dari jalur zonasi kategori prestasi lokal sebanyak 7 persen dan prestasi murni sebanyak 8 persen.

Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, penambahan ini merujuk pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 3 Tahun 2019 tentang PPDB.

Selain itu, lanjutnya, tujuan dari perubahan itu juga guna mengakomodir lebih luas para siswa berprestasi di Kota Depok.

“Ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap para siswa yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Termasuk azas berkeadilan, mengingat penyebaran SMP di Kota Depok juga belum merata,” katanya bebrapa hari lalu.

Thamrin menuturkan, perubahan kuota ada pada jalur prestasi murni dari sebelumnya lima persen menjadi delapan persen. Tetapi, ucapnya, penambahan itu juga disesuaikan dengan kapasitas di masing-masing sekolah.

Dikatakannya, pihaknya akan secara intensif mensosialisasikan perubahan ini kepada satuan pendidikan SMP sederajat se-Kota Depok. Pasalnya, pendaftaran PPDB SMP jalur prestasi murni akan dimulai pada 27 Juni mendatang.

“Dengan perubahan ini, secara tidak langsung mengurangi persentasi jalur zonasi, dari 50 persen menjadi 47 persen,” pungk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *