Jelang Ramadhan, Pemkot Depok Musnahkan Ribuan Minol

Kilasdepok.com – Sebanyak 5.081 botol minuman beralkohol (minol) dimusnahkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengingat minggu depan telah memasuki bulan suci Ramadhan.

Ribuan botol minol yang dimusnahkan tersebut, merupakan barang bukti hasil razia Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok dan Polisi Resort Kota (Polresta) Depok sejak Januari hingga April 2019.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pemusnahan minol merupakan komitmen bersama dalam kehidupan beragama. Tentunya sesuai dengan salah satu visi Kota Depok yang mengedepankan nilai-nilai religius. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut bulan Ramadan, agar keberadaan minol tidak mengganggu jalannya ibadah puasa.

“Walaupun tidak bisa 100 persen, tetapi kami terus berupaya dalam menyadarkan warga dari bahaya minuman beralkohol. Tidak hanya itu, kami juga terus meningkatkan penertiban agar keberadaan minol ini tidak semakin meluas,” tegas Mohammad Idris usai memimpin pemusnahan barang bukti minol di halaman Balai Kota Depok, Kamis (02/05/19).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratna Nurdianny menyebutkan, dari 5.081 botol minol yang dimusnahkan, merupakan hasil razia dari 11 kecamatan dan juga gabungan hasil sitaan dari Polresta Depok. Miras tersebut terpaksa diamankan karena tidak memiliki izin edar dari pihak terkait.

“Minol yang dimusnahkan ini terdiri dari dua jenis. Yaitu 5.081 botol dan 80 kantong oplosan gingseng dalam kemasan kantong plastik,” jelasnya.

Dirinya menuturkan, pemusnahan ini sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. Selain itu, Perda Nomor 16 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum dan Perda Nomor 09 Tahun 2014 tentang Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *