Pemkot Depok Akan Pasang Rambu Peringatan di Pohon

Kilasdepok.com – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok berencana akan melakukan pemasangan rambu peringatan di pohon peneduh guna menginformasikan kepada masyarakat terkait kondisi kesehatan pohon. Hal tersebut juga untuk meminimalisir adanya potensi pohon tumbang atau patah ranting yang bisa mengakibatkan jatuhnya korban.

“Kami akan pasang rambu peringatan terhadap pohon peneduh di ruas jalan utama. Bentuknya seperti rambu lalu lintas. Sebagai peringatan kepada masyarakat terhadap kondisi kesehatan pohon,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok Ety Yuniarti, di Balai Kota, Selasa (05/06/18).

Lebih lanjut, Ety menjelaskan bahwa untuk pemasangan akan dilakukan akhir bulan Juni ini. Adapun beberapa ruas jalan yang sudah dikaji sejak 2017 lalu, antara lain Jalan Bahagia Raya, Jalan Proklamasi Raya, Jalan Merdeka, Jalan Juanda, Jalan Margonda, Tanah Baru, Kelapa Dua Raya dan Akses UI.

“Monitoring dilakukan hanya pada kondisi yang terlihat dari luar. Untuk mengetahui kondisi kesehatan pohon secara menyeluruh di bagian dalam pohon, diperlukan peralatan khusus sehingga tidak dilakukan dalam proses kegiatan ini,” jelasnya.

Diakuinya, pemetaan pohon yang diberikan juga tidak termasuk perkiraan kejadian luar biasa akibat faktor alam, seperti cuaca ekstrem.

“Jadi sifat kegiatan ini adalah untuk pencegahan. Jika ada pohon tumbang akibat cuaca ekstrem, itu di luar perkiraan atau pun kajian kami. Mudah-mudahan melalui rambu yang nanti kita berikan, masyarakat bisa lebih mawas diri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *