Peringati HUT RI ke-73, 380 Narapidana Dapat Remisi Umum

Kilasdepok.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik ke- 73 Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Kota Depok memberikan Remisi Umum (RU) kepada 380 warga binaan (narapidana).

Dari jumlah tersebut, 11 orang di antaranya mengakhiri masa pidana atau bebas murni setelah mendapatkan pengurangan masa remisi sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI Nomor: PAS_419.PK.01.01.02, tentang Remisi Umum Tahun 2018.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, dengan adanya remisi, menjadi bukti Indonesia merupakan negara yang manusiawi dan beradab.

“Pemberian remisi ini memang sesuai dengan peraturan undang-undang dan diorientasikan kepada warga binaan kemasyarakatan di Rutan,” kata Walikota Depok Mohammad Idris, di Aula Rutan Kelas II-B Depok, Kecamatan Cilodong, Jumat (17/08/2018).

Mohammad Idris mengatakan, ke depan sinergisitas antara Pemkot dan Rutan Depok harus semakin ditingkatkan. Utamanya, di bagian pembinaan yang bersifat keterampilan, baik sosial, usaha kerja, atau religiusitasnya. Dengan demikian, imbuhnya, dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, setelah bebas nanti.

Senada dengan pernyataan tersebut, Kepala Rutan Kelas II-B Depok, Sohibul Rachman mengatakan, pemberian remisi ini merupakan agenda tahunan dari pemerintah pusat. Menurutnya, remisi diberikan setelah verifikasi data dan kelengkapan berkas. Tercatat ada 380 orang yang hari ini mendapatkan remisi, dengan variasi remisi mulai dari satu sampai tiga bulan.

“Kami sampaikan ini adalah berkah, dari kehadiran negara di tengah-tengah warga yang tengah menjalani pidana,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *