Terowongan Dipo Akan Dipasang CCTV

Kilasdepok.com – Guna mengantisipasi pembuangan sampah liar, Tim Buru Sergap (Buser) sampah Kota Depok berencana akan memasang Closed Circuit Television (CCTV) mobile di beberapa tempat. Hal ini dilakukan untuk memberi efek jera bagi pembuang sampah liar yang kerap melakukan aksinya saat petugas pergi.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusomo menjelaskan, pemasangan CCTV guna melakukan pemantauan di sejumlah titik terutama di Terowongan Dipo Kecamatan Pancoran Mas (Panmas).

“Kami kerap melakukan pantauan langsung ke Dipo namun hasilnya selalu nihil. Diduga, mereka (pembuang sampah liar) mengetahui keberadaan kami. Untuk itu, rencananya pekan ini akan kami pasang CCTV mobile di lokasi tersebut,” (Kusumo, Kepala DLHK – 27/12/2017)

Kusumo menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dipo setempat untuk menjalin kerja sama agar bisa menemukan pembuang sampah liar. Nantinya, CCTV yang terpasang bisa dipantau melalui Smart Phone.

“Di Terowongan Dipo itu dataran rendah, kami sudah meletakkan alat penyedot air jika terjadi hujan deras. Namun, sudah sering alat tersebut macet dan diketahui penyebabnya adalah sampah yang tersumbat yang akhirnya menyebabkan banjir. Pembuang sampah liar tidak bisa dibiarkan begitu saja, kami akan tindak tegas” jelasnya.

Lebih lanjut, Kusumo menjelaskan, pelaku nantinya tidak lagi mendapatkan pembinaan seperti tahun sebelumnya. Karena tindakan tersebut dinilai sudah sering. Akan tetapi, seluruhnya harus menjalani proses Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Kota Depok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *