Upacara Hardiknas Tingkat Kota Depok

Kilasdepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018 di Lapangan Balikota Depok, Rabu. (02/05/2018)

Acara tersebut dihadiri oleh Walikota Depok Mohammad Idris selaku Inspektur Upacara, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok M. Thamrin, serta ratusan guru dan pelajar se-Kota Depok.

Dalam amanatnya, Walikota Depok membacakan pidato tertulis menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang mengatakan, dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untukmerenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tecermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Selain itu, Idris juga mengatakan, di dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (SPN) Tahun 2003, pendidikan nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sedangkan kebudayaan nasional, imbuhnya, merupakan akar dari pendidikan nasional.

“Di sinilah terjadinya titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Jika kebudayaan nasional kita menghunjam kuat di dalam tanah tumpah darah Indonesia, akan subur dan kukuh pulalah bangunan pendidikan nasional Indonesia,” lanjutnya.

Di samping itu, lanjut Mohammad Idris, disahkannya UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, akan mempertegas posisi kebudayaan nasional sebagai ruh, pemberi hidup, dan penyangga bangunan pendidikan nasional. Karenanya, kebudayaan yang maju menjadi prasyarat yang harus dipenuhi jika ingin pendidikan nasional tumbuh subur, kukuh, dan menjulang.

“Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia,” tutupnya.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *