Dewan Dukung Pembangunan RSUD Depok Wilayah Timur

kilasdepok-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok mendukung pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) bagian timur. Untuk itu, dewan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Depok agar segera melaksanakan pembangunan fasilitas kesehatan tersebut.

“DPRD Kota Depok mendukung apapun kebutuhan untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Karena itu, kami dorong supaya pembangunan RSUD Depok bagian timur bisa segera dilaksanakan. Alhamdulillah, proses-proses pembebasan lahannya itu sudah dilakukan tahun 2019,” kata Anggota DPRD Kota Depok, Khairulloh Ahyari, Selasa (11/02/2020).

Dia menuturkan, dalam proses penganggaran pembangunan RSUD Depok bagian timur sudah dialokasikan tahun 2020. Diharapkan, Pemkot Depok melalui dinas terkait segera merealisasikan pembangunan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

“Nantinya setelah pembanguna fisik RSUD bagian timur selesai, dilanjutkan dengan penyediaan alat-alat kesehatannya, juga sumber daya manusi (SDM)-nya. Agar masyarakat Depok khususnya di wilayah timur, bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik,” tuturnya.

Dia optimistis pembangunan RSUD Depok bagian timur ini akan terealisasi saat kepemimpinan Wali Kota Depok, Mohammad Idris. Karena, hal ini merupakan salah satu janji Wali Kota, selain pembangunan Alun-alun Kota Depok.

“Alhamdulillah, belum lama ini diresmikannya Alun-alun Kota Depok. Masyarakat sudah bisa menikmati, bahkan sejak dibuka hingga sekarang, antusias mereka untuk menikmati alun-alun cukup positif. Jadi kita bersyukur RSUD wilayah timur akan segera dibangun,” terangnya.

Ia menilai kualitas pembangunan di zaman pimpinan daerah Mohammad Idris cukup positif. Terutama dari segi pembangunan di bidang kesehatan seperti peningkatan status Puskesmas yang kini sudah ada fasilitas rawat inap.

“Kemudian juga fasilitas RSUD bagian barat di Sawangan, penambahan fasilitas-fasilitas di sana cukup positif. Saya sempat berobat dan mendapat fasilitas pengecekan jantung yang ternyata merupakan alat baru. Saya yakin sangat membantu masyarakat Depok dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Depok,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Suwandi mengatakan, Disrumkim rencananya akan membangunan RSUD wilayah timur di tahun ini. Pembangunannya dimulai sekitar bulan April mendatang setelah penyelesaian proses lelang.

“Detail Enginering Desain (DED) pembangunannya sudah selesai tahun lalu. Saat ini sedang persiapan proses lelang yang memakan waktu kurang lebih dua bulan. Sementara pembangunan fisiknya sekitar April setelah selesai lelang,” katanya.

Dikatakan Wandi, tahun ini akan dimulai pembangunan tahap satu dengan beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas. Antara lain pembuatan struktur dan fasad (pembungkus luar) bangunan.

“Total anggaran pembangunan tahap satu sebesar Rp 105 miliar yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, RSUD wilayah timur yang dibangun berada di Jalan Raya Tapos, RT 05, RW 04, Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. Dengan luas lahan 9.811 meter persegi.

“Semoga proses lelangnya berjalan lancar, sehingga pembangunannya dapat segera dilaksanakan,” tutupnya.(noe)

Read Previous

Idris: RSUD Wilayah Timur Tahun Ini Dibangun

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *