Pembangunan Alun-Alun Kota Depok Tahap Satu Ditargetkan Rampung Akhir 2018

Kilasdepok.com – Pembangunan tahap satu alun-alun Kota Depok di kawasan perumahan Grand Depok City di Kelurahan Kalibaru, Cilodong, Depok sudah mulai dilaksanakan pada awal September ini. Pembangunan yang menelan biaya ABPD Rp32.679.281.000 ditargetkan rampung sampai akhir tahun ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Depok, Dudi Miraz, mengatakan, pembangunan alun-alun Depok merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022. RPJMD ini jelas dia, adalah janji Walikota dan Wakil Walikota Depok saat kampanye.

“Pemkot Depok menganggarkan Rp 90 miliar untuk pembangunan alun-alun Depok di lahan dekat (GDC). Luas lahan untuk pembangunan itu mencapai 3,7 hektar. Anggarannya kurang lebih Rp90 miliar memakai dana APBD,” ujarnya.

Dudi menjelaskan, pembangunan alun-alun akan dibagi dalam dua tahap. Pertama, kami melakukan perataan lahan, penataan ruangan yang ada, serta merapikan lahan yang kini masih kosong, setelah itu, pembangunan fisik.

“Tahun 2018 ini ada pekerjaan perencanaan dan pekerjaan fisiknya kurang lebih 1/3 dari total pekerjaan fisik yang ada. Di tahun 2019 penyelesaian sisa fisik pekerjaannya,” ungkapnya.

Suasana Pembangunan  Alun-Alun Kota Depok di Kawasan GDC, Cilodong.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris, menuturkan bahwa, konsep Alun-alun kota dibagi dalam 3 Zona. Pertama, Zona interaksi sosial untuk mewadahi kegiatan masyarakat, Kedua Zona budaya dan pendidikan menampilkan nuansa budaya, kesenian, serta sebagai upaya mencerdaskan warganya, dan ketiga Zona ekonomi akan dibangun tempat griya pameran makanan dan konsultasi kemasan produk serta area food court UMKM.

“Sarana dan prasarana yang akan dibangun di alun-alun pada tahap awal ini diantaranya: Track sepeda BMX / skateboard, jogging track, lapangan basket, lapangan futsal, tempat pertunjukan seni dan budaya, pojok literasi, pojok ramah anak, ruang menyusui, serta disediakan area khusus untuk difabel, ibu hamil dan lansia, toilet nyaman, dan area parkir,” tutupnya.

Untuk itu, Idris meminta doa dan dukungan dari masyarakat Depok agar pembangunan alun-alun Kota Depok dapat tuntas 100% pada 2020 mendatang.

Read Previous

18 Pelajar Depok Siap Bertanding di Ajang LPI Tingkat Jabar

Read Next

80 Sekolah di Depok Akan Diaktreditasi BAN Jabar